PT Sapro 15 Bogor EduCARE (Bussiness Plan)

PT SAPRO GROUP 15

MAKANAN LANGKA TERFAVORITE

 Kelas                   :  2D

Pelaksana          :  M Rizky Faldhilah

                              Aang Sutisna

                              Dwi  Riyani

                              Kibtiah Ta’ziah

BUSSINES PLAN

A.  Judul

           PT Sapro 15

B. Waktu Dan Tempat Pelaksanaan

Waktu penjualan pada hari senin-jumat

Perusahaan kami memproduksi sendiri barang yang kami jual, kami menjual produk awalnya di dalam lingkungan kampus saja. Tidak sebatas di kampus saja kami menjual produk dagangan kami, tetapi kami mencoba melakukan penjualan keluar lingkungan kampus, dengan mengepack pada produk kami sendiri. Dan juga kami melakukan pada acara event-event tertentu. Seperti yang telah kami lakukan, yaitu acara di akhir pekan di sempur.

Rencana bisnis yang perusahaan kami jalankan adalah berupa bisnis makanan yang sudah langka, berupa makanan yang dibuat dari tepung beras dan bubuk. Makanan itu yakni SASAGON CINTA.

C.  Pelaksana

Adapun susunan keorganisasian perusahaan kami adalah sebagi berikut :

D.  Produk Yang Di Hasilkan

Adapun produk yang perusahaan kami jual ada 5 macam, yaitu : Sasagon cinta, Roti goreng strawberry, Roti goreng coklat, Rujak bihun dan Kue dangdut. Kelima produk ini kami produksi sendiri, demi membangun inovasi dan kreatifitas dalam pembuatan produk kami ini.

E.  Keunggulan

Produk perusahaan yang kami jual memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk lain, keunggulannya adalah sebagai berikut :

  1. Dalam pembuatan produk kami sangat simple.
  2. Produk kami dibuat dari bahan-bahan yang halal.
  3. Produk kami tidak memakai bahan-bahan pengawet.
  4. Produk kami tahan lama sampai berminggu-minggu.
  5. Produk kami juga memiliki cita rasa yang lezat dan bentuk yang unik.

Perusahaan kami lebih mengedepankan kwalitas rasa dan bentuk yang unik di bandingkan kwantitas. Karena lidah tidak bisa membohongi rasa dan mata tidak bisa membohongi bentuk yang unik.

F.   Modal Yang Di Butuhkan

Modal awal peurusahaan kami yakni sebesar Rp. 40.000.

Modal tersebut kami dapatkan dari anggota perusahaan. Modal tersebut pertama kali kami gunakan untuk membuat produk yang kami hasilkan sendiri dengan ide-ide yang telah dirundingkan.

G.  Rencana Pemasaran

  • Lokasi    : Kampus, warung-warung
  • Target    : Satu minggu full

Rencana pemasaran produk perusahaan kami untuk kedepannya akan lebih fokus untuk menarik para konsumen,  tidak hanya sekedar di dalam lingkungan kampus saja, melainkan perusahaan kami memiliki rencana untuk lebih mengembangkan pemasaran produk perusahaan kami agar lebih berkembang. Pertama kami akan memasok produk perusahaan kami ke warung-warung terdekat disekitar kampus dan kepinginnya kami membangun stand tersendiri demi berkembangnya perusahaan kami. Setelah berkembang,  perusahaan kami akan lebih mengembangkan lagi pemasaran produk yang lebih luas dan dikenal ke berbagai nusantara.

H.  Rencana Pemasaran Dari Rekanan Luar Kampus

Saat ini kami masih sudah memiliki rekanan luar, yaitu kami telahtetapi kami memiliki rencana untuk melakukan rekanan secepatnya. Untuk rekanan luar yang kami rencanakan, yakni kami akan menitipkan produk kami kewarung-warung yang terdapat di sekitar kampus. Dan untuk jangka luasnya kami akan melakukan rekanan dengan otlet-otlet yang berada di sekitaran kampus.

 

SISTEMATIKA PENULISAN BUSSINESS PLAN

PT. SAPRO GROUP 15

A.    Deskripsi Perusahaan

  1. Visi dan Misi
  2. Visi
  • Menjadikan dan memajukan makanan langka ini sampai terkenal ke berbagai nusantara.
  1. Misi
  • Membuat makanan yang menarik dan unik
  • Mengembangkan selera yang pas dan mantap
  • Memberikan manfaat yang tinggi
  • Mampu bersaing dengan produk dalam dan luar

B.     Analisis situasi

Pembuatan produk kami ini sangat simple dan menarik, sehingga kami dapat membuat kreatifitas dan membuat para konsumen tertarik dengan produk kami yang langka ini.

C.    Gambaran Produk

Makanan langka ini berbentuk bubuk dan berbagai macam lainnya, yang dibungkus dengan plastik yang pas tergantung pada produk yang kami launching.

D.    Lingkungan Tempat Produksi

Produksi makanan langka ini adalah produksi yang sangat mudah untuk dibawa kemana-mana dan juga dapat dijadikan bekal untuk bepergian dan juga untuk penutup makanan.

E.     Model Bisnis

Kita menjual makanan ini secara langsung atau cash kepada konsumen yang membeli didaerah perusahaan kami menjual, tepatnya di kampus Bogor EduCARE dan warung-warung, juga setiap akhir pekan perusahaan kami menjual di tempat yang ramai seperti Lapangan Sempur.

F.     Resiko

Sehubungan dengan meledaknya produk-produk yang modern dan ternama, sehingga makanan langka ini cukup sulit untuk bersaing dengan produk-produk yang lainnya. Dan perusahaan kami harus lebih mengeluarkan ide yang menarik dan yang pasti mental kami harus lebih kuat.

Adapun contoh resiko yang terjadi :

  1. Produk kami tidak laku keras dibandingkan produk-produk modern
  2. Produk kami banyak komentar dari para konsumen yang berfikir negatif
  3. Kerugian kehilangan uang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: