Merasa Pintar atau Pintar Merasa ?

OnlyInRizky-Pada kesempatan kali ini, saya khususnya akan berbagi sedikit ilmu tentang kata-kata yang bisa bermanfaat bagi kita, jika kita sendiri menyadarinya.

Mungkin kita sendiri sering berpikir bahwa orang-orang yang melihat sisi negatif manusia yang banyak bertingkah, kita selalu berpikir bahwa orang tersebut sok tahu, atau Merasa Pintar. Mengapa demikian ?
Karena kita hanya melihat orang itu dari sisi luarnya saja atau tingkahnya, padahal jika kita mencoba berpikir sebelum bertingkah, itu akan lebih positif untuk mendapatkan respon diri kita sendiri ataupun orang lain.

Nah, contoh kecilnya seperti ini,

Ketika kita mulai mengomentari suatu hal, kejadiannya ada satu orang yang membuat suatu tulisan yang sangat indah, tetapi orang yang membuat tulisan tersebut, dilihat dari tingkah sehari-harinya sangat bodoh bahkan konyol. Mungkin kita mulai berpikir dalam otak kita bahwa orang tersebut sok tahu atau so pintar, sebenarnya alangkah indahnya jika kita tidak berpikiran seperti itu, karena sama saja kita diri sendiri juga secara tidak sadar, kita berada di posisi Merasa Pintar.  Mengapa ? Karena kita tidak tahu, bisa saja orang itu memang menutupi potensinya sesuai kondisi yang dia adaptasikan.

Dan akhirnya timbul rasa sombong dan saling adu perdebatan antara ingin menang dalam suatu permasalahan, maka dari itu kita bisa melakukan suatu hal yaitu Pintar Merasa. Mengapa demikian ? Karena hal ini akan menimbulkan pada diri kita suatu “Kebijaksanaan”. Berbanding dengan Merasa Pintar yang hanya bisa menimbulkan rasa sombong, egois, permasalahan yang tak akan selesai.

Karena itu, disetiap kondisi apapun yang kita lihat tentang suatu kejadian, lebih baik kita mulai berpikir untuk pintar merasa, dan mulai mencari solusi terhadap hal positif.

Kesimpulannya, kita jangan merasa pintar yang akan menimbulkan masalah yang merugikan kita sendiri dan tidak akan ditemukan solusi, yang ada hanyalah perdebatan yang tidak jelas, dari fisik atau mental. Dan jika kita mulai Pintar Merasa, itu jelas sangat indah dan tentunya akan menguntungkan diri kita sendiri dan pandangan orang lain pun akan merasa terkait dengan apa yang kita lakukan.

Sadar Diri, Sadar Posisi dan Sadar Situasi. Inilah yang akan membawa kita untuk selalu berpikiran yang bijaksana dan indah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: